Pencarian Informasi

Durian Rindu dari desa Dororejo Kecamatan Doro akhirnya memenangkan kontes Durian Unggulan pada Festival Durian Tahun 2016 yang diselenggarakan baru baru ini (31/1) di desa Lolong Kecamatan Karanganyar. Durian yang dimiliki oleh Kastari ini menyisihkan kompetiter 16 durian unggulan lainnya yang berasal dari Kabupaten Pekalongan. Untuk pemenang kedua diraih oleh jenis durian Cabu milik Produksi Maduri 06 dari Desa Lolong Kecamatan Karanganyar dan juara ketiga diraih Durian Ijo milik bapak Roni petani dari Desa Lebakbarang Kecamatan Lebakbarang.



Menurut juri Mustagfirin Shut, MM Firin menjelaskan kemenangan durian Rindu ini dikarenakan memiliki tekstur, bau, warna dan rasa sempurna. “ Durian ini memang sangat unggul pada rasa akan tetapi pada standar yang lain juga bagus sehingga layak menjadi pemenang” tandasnya.

Sedangkan untuk durian favorit yang dinilai oleh para pejabat pemkab diraih oleh Durian Tibah milik Hasan Mukmin dari Desa Dorogunung Kecamatan Doro. Sedang Pemenang Lomba Gunungan Durian diraih oleh Kecamatan Kajen disusul Karanganyar dan Lebakbarang.

Arak- Arakan Tumpengan
Pada tahun ini pelaksanaan Festival Durian Lolong Tahun 2016 ini berlangsung meriah. Nampak ribuan Masyarakat berbondong untuk kegiatan yang diselenggarakan setiap tahun ini. Acara ditandai dengan arak – arakan kesenian rakyat yang membawa tumpengan Durian dari masing masing RT yang ada didesa Lolong Kecamatan Karanganyar dan dari Kecamatan penghasil durian di Kabupaten Pekalongan.

Sementara itu Panitia Penyelenggara Fuadi Jaman, AP menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah dalam rangka rasa syukur masyarakat atas hasil durian yang melimpah, dan untuk menumbuhkan rasa persatuan komunitas petani durian. “ Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembangkan potensi wisata serta sebagai bukti nyata Kabupaten Pekalongan mewujudkan Visit Jateng Year” imbuhnya.

Wakil Bupati Pekalongan Dra. Fadia Arafiq. MM menyampaikan rasa terimakasihnya terhadap berlangsungnya acara tersebut serta berharap agar acara festival tahun depan menjadi lebih baik lagi." Supaya nanti bagi pemenang dalam lomba durian berkualitas dapat tetap meningkatkan hasil duriannya. dan yang belum menang agar tetap semangat," jelasnya.

Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Hj Hindun menyatakan penghargaannya atas kegiatan festival ini karena telah memberdayakan potensi daerah untuk kesejahteraan masyarakat.” Untuk Pemerintah Daerah semoga bisa meningkatkan kesejahteraaan masyarakat dengan memperdayakan potensi yang ada” terangnya.

Kepala Desa Lolong Soleh bahwa pada penyelenggaran kali ini durian yang ada terdiri dari berbagai macam seperti durian Montong, Lokal, Mentega, Kunir dan lainnya. “ Harapan saya dari festival durian ini agar membawa dampak yang lebih baik umtuk Lolong dan Kabupaten Pekalongan,” terang Soleh.

Festival durian dihadiri oleh Wakil bupati Pekalongan Fadia Arafiq SE, MM Anggota DPRI Bisri Romli dan Wakil Anggota DPRD Jawa Tengah Sukirman. Sekretaris Daerah Dra. Mukaromah Syakoer, MM, Ketua DPRD dan perwakilan Forum FKPD. (RED)

Sumber : Bagian Humas Setda Kab. Pekalongan
Editor : arif.kominfo