KAJEN - Tak menyandang status sebagai daerah yang mendapat kepercayaan publik tinggi, dengan indeks status melebihi pusat. Kinerja perjalanan dua tahun kepemimpinan Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH.,M.Si dan Wakil Bupati Ir. Arini Harimurti, juga meraih apresiasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia.
 
Pada peringatan hari otonomi daerah, yang diselenggarakan Kemendagri, di Jakarta Rabu malam (25/4/2018), Pemerintah Kabupaten Pekalongan, menerima sebuah anugerah sangat tinggi, karena mampu menyelenggarakan pemerintahan daerah dengan penilaian sangat baik.
 
Sehingga Kemendagri Republik Indonesia melalui Direktur Jenderal Otonomi Daerah, Drs Sumarsono, MDM, memberikan sebuah piagam penghargaan nasional kepada Bupati KH. Asip Kholbihi, SH.,M.Si atas prestasi kinerja status sangat tinggi bintang dua, dalam penyelenggaraan pemerintah daerah, berdasarkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) tahun 2016.
 
Usai menerima penghargaan, KH. Asip Kholbihi, SH.,M.Si menyebutkan bahwa sejak dilantik Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Senin 27 Juni 2016, pihaknya langsung menjalankan amanat perintah gubernur untuk menyelesaikan masalah rob, kemudian jalan di jalur pantura, serta lainnya.
 
"Alhamdulillah semuanya berjalan lancar, bahkan sekarang untuk penanganan rob sudah dilakukan sangat maksimal dengan pembuatan tanggul raksasa, serta sudah mulai terlihat hasilnya. Permasalahan lain yang menjadi amanat gubernur juga sudah berhasil diselesaikan sangat baik," kata bupati.
 
Selain menjalankan amanat orang nomor satu di Jawa Tengah, Bupati Pekalongan juga menerapkan sistem kinerja trengginas untuk melakukan percepatan pembangunan, kemudian memberlakukan quick respon, sebagai penanganan cepat terhadap permasalahan yang muncul di masyarakat.
 
Dalam perjalanan dua tahun kinerja, Asip Kholbihi mengaku langkahnya dapat diikuti secara kompak oleh seluruh pihak di jajaran Pemkab Pekalongan, sehingga semua program dan target mampu diselesaikan melebihi dari target yang ditetapkan.
 
"Sehingga sekarang ini Kabupaten Pekalongan mendapat penghargaan dari Kemendagri status sangat tinggi bintang dua, dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, berdasarkan LPPD tahun 2016. Ini sebuah pengakuan pemerintah pusat atas kinerja kita semua di Kota Santri," tandas Asip.
 
Sebab, prestasi tersebut merupakan keberhasilan kerja dari seluruh ASN di Kabupaten Pekalongan, dalam menerapkan kinerja yang kompak, strategis, dan berpihak pada kepentingan seluruh masyarakat di Kota Santri.
 
"Jadi penghargaan ini milik seluruh ASN, aparatur pemerintahan lain, dan masyarakat di Kabupaten Pekalongan. Karena telah dengan susah payah, menerapkan program yang saya terapkan. Saya secara pribadi mengucapkan terima kasih untuk semua pihak tersebut. Mari kita senantiasa meningkatkan kinerja, karena setiap hari harus lebih baik," ungkap bupati.(didik/dinkominfo kab.pekalongan)