Pencarian Informasi

 

KAJEN - Setiap kita memperingati HUT RI, pastilah kita selalu berbicara tentang 2 hal, yaitu tentang mengenang jasa pahlawan pendahulu yang sudah memerdekakan kita dari penjajah dan kedua tentang apa yang harus kita lakukan. Hal itu disampaikan oleh Bupati Pekalongan KH.Asip Kholbihi, SH., M.Si dalam acara Resepsi Peringatan HUT RI ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Pendopo Kabupaten Pekalongan, Sabtu (17/8/2019) malam. 
 
Sesuai dengan tema HUT RI ke-74 adalah SDM unggul negara maju, Pemkab Pekalongan sudah memikirkan dan merencanakan pembangunan pendidikan untuk pijakan bagaimana mempersiapkan SDM di Kabupaten Pekalongan ini supaya unggul.
 
Bupati Asip Kholbihi menjelaskan bahwa pembangunan SDM itu tidak ada yang dilakukan secara cepat, semuanya butuh proses juga dilakukan secara bertahap dan berjenjang serta didukung oleh sektor yang ada.
 
"Kami di tahun 2019 sudah memberikan 200 anak mahasiswa dengan bantuan biaya Rp 5 juta per anak per tahun, belum lagi bantuan untuk tingkat SMA, SMP dan SD. Kami juga terus berupaya agar eksistensi perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Pekalongan ini terus ditingkatkan," ujarnya. 
 
Sebentar lagi juga akan dilakukan diversifikasi program yang ada di AKN Kajen. Sebelum menjadi politeknik ada 1 tahapan yang harus dilewati yaitu program PSDKU. "AKN Kajen harus kita jaga, kita rawat, kita siapkan sebagai ikhtiyar kita mempersiapkan SDM yang unggul," kata Bupati Asip.
 
Disisi lain, Pemkab Pekalongan juga mempersiapkan SDM kesehatan yang lebih tinggi bertujuan agar berusaha untuk menurunkan angka kematian ibu dan balita (AKI & AKB) dan mencegah stunting. Ini dilakukan secara cermat dan juga mendapatkan bantuan dari berbagai pihak. 
 
"Alhamdulillah kita ada 2 perusahaan besar yang terus membantu, kita juga mendapat kesempatan untuk melakukan testimoni tentang angka penurunan ibu dan balita. Ini akan menjadi contoh positif dari perusahaan tersebut, 1 dari perusahaan besar swasta nasional dan 1 lagi perusahaan dari Amerika," terang Bupati Asip.
 
Tidak lupa Bupati juga menyampaikan rada bangganya kepada anggota Paskibraka 2019 yang sudah melakukan tugasnya dengan baik. Menurutnya, hal itu tentunya tidak lepas dari gemblengan para pelatih dari TNI Polri serta doa dari para orang tuanya.
 
"Kalau saya nilai baik dari Upacara Pengibaran Bendera, Upacara Penurunan Bendera dan Aubade, nilainya adalah 100 plus. Luar biasa," jelasnya. 
 
Bahkan orang nomor satu di Kota Santri itu juga memberikan support kepada para orang tua anggota Paskibra. "Bapak dan ibu yang merupakan orang tua wali anggota Paskibra ini sudah mempunya putra dan putri yang hebat, Sholeh dan Sholehah, punya jiwa perjuangan yang tinggi, punya rasa tanggung jawab yang luar biasa. Insya Allah kelak akan menjadi pemimpin di Kabupaten Pekalongan, " tandas Bupati. 
 
Resepsi Peringatan ke-74 HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia itu dihadiri oleh Wakil Bupati Pekalongan Ir. Hj. Arini Harimurti beserta suami, Dandim 0710 Pekalongan Letkol Inf. Arfan Johan Wihananto beserta istri, perwakilan Forkopimda lainnya, anggota DPRD, Ketua TP PKK Kabupaten Pekalongan Dra. Hj. Munafah Asip. 
 
Selanjutnya, Sekda Dra. Hj. Mukaromah Syakoer, MM beserta para Asisten, para Staf Ahli Bupati dan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Pekalongan, Ketua KPU, Bawaslu, BUMD, Ketua MUI dan tamu undangan lainnya. (didik/dinkominfo kab.pekalongan)