Pencarian Informasi

KAJEN – Nasionalisme sebagai perwujudan rasa cinta bangsa Indonesia terhadap Negara dan Tanah Air berdasarkan Pancasila kini berada dalam pusaran peradaban baru bernama globalisasi dan kian mendapat tantangan yang begitu besar. Rrasa nasionalisme yang mulai terkikis, luntur perlahan dan digantikan faham baru seiring dengan perkembangan jaman ini menjadikan Pemkab. Pekalongan Kamis pagi tadi (24/11) menggelar satu kegiatan Derap Merah Putih Siswa SMP, SMA/SMK Tahun 2016 di Lapangan Gemex Kedungwuni Pekalongan.

Kegiatan Pembinaan dan Pengembangan Nilai-Nilai Nasionalisme bagi Siswa SMP, SMA/SMK Tingkat Kabupaten Pekalongan tersebut bertujuan untuk memberikan kegiatan bagi siswa di alam terbuka yang menyenangkan dengan mengandung unsur olahraga dan pendidikan. Disamping itu juga untuk mendorong inisiatif guru, dalam mengimplementasikan pendidikan dan penanaman nilai-nilai nasionalisme bagi peserta didik. 

Bupati Pekalongan H. Asip Kholbihi, SH, M.Si saat memberikan sambutannya dalam acara tersebut menyampaikan bahwa hari ini nasionalisme harus direfresh kembali dengan cara antara lain menghormati lambang–lambang negara yang harus pula dimaknai secara nyata mengingat saat ini banyak yang ingin mengganti bendera kita Merah Putih. “Hari ini ada pula yang ingin merubah NKRI dengan negara yang sesuai dengan seleranya sendiri. Dan hari ini muncul pula kelompok yang tidak bertanggungjawab yang ingin agar kebhinnekaan kita dihilangkan,” ujar Asip. 

Lebih lanjut Asip menyampaikan, sejatinya nasionalisme sekarang ini bisa diwujudkan dalam berbagai bentuk, aksi atau kegiatan sesuai dengan kepribadian dan karakter masing-masing pribadi. “Anak-anakku bisa berperang melawan pihak pihak yang ingin mengganti Pancasila melalui media sosial seperti facebook, twitter, dan lain sebagainya. Kita akan mengcounter itu,” tegas Asip. 

Selanjutnya Asip menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Pekalongan atas penyelenggaraan acara yang sangat positif  untuk menyegarkan kembali semangat kita dan para Generasi Muda dengan cara menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dengan menghargai perbedaan ini. “Ini adalah ketentuan sang pencipta yang harus diterima. Dan Indonesia adalah rumah besar perbedaan itu. Ayo kita lawan mereka yang ingin mengganti Pancasila secara baik dengan tetap menjunjung nilai-nilai kebangsaan,” pesan Asip. 

Sementara itu Komandan Kodim (Dandim) 0710/Pekalongan Letkol Riza Anom Putranto, SIP menyampaikan, kekuatan pokok untuk melawan mereka yang ingin menghancurkan bangsa ini ada di TNI/Polri, dan kekuatan pendukung ada di semua lapisan masyarakat. “Saya harap kegiatan ini dilaksanakan dengan baik, dan selesainya dapat dipraktekkan dalam sekolah dan dalam lingkungan masyarakat sehingga NKRI tetap ada hingga akhir hayat. Ini ttugas generasi muda sebagai penerus dan perekat persatuan bangsa untuk melaksanakan nasionalisme dengan baik,” harap Dandim.

Dibagian lain Kapolres Pekalongan AKBP Roy Ardhya Chandra, S.IK memberikan pembinaan tentang Narkoba dan Penyalahgunaan Obat-obatan Terlarang. Kapolres menegaskan agar Generasi Muda menjauhi Narkoba dan jangan coba-coba menyentuhnya karena ini sangat berbahaya dan bila sudah terlibat, maka Polres akan menindaklanjuti dengan tegas. “Jangan sekali–kali mengenal atau mendekati Narkoba, karena sekali kalian mengenal Narkoba maka akan sangat sulit bagi kalian untuk lepas dari jerat Narkoba yang dapat saya pastikan akan membawa dampak buruk pada masa depan kalian!,” tegas Kapolres.

Dalam kesempatan tersebut, dalam sesi pembinaan karakter, Arif Suharsoyo dari Dindik Provinsi Jawa Tengah memberikan wawasan kebangsaan mellalui seni wayang kulit dengan mengajak dialog peserta bagaimana persatuan dan kesatuan itu. 

Sementara Plt. Kepala Dindik Kab. Pekalongan Dra. Sri Sugiarti menambahkan, bentuk kegiatan yang diikuti oleh kurang lebih 970 siswa siswi SMP. SMA/SMK Se Kab. Pekalongan tersebut adalah kegiatan kelompok lari kecil dengan membawa Bendera Merah Putih melewati suatu rute dengan jarak kurang lebih 3 km dibagi menjadi 3 pos. (451h/d12k)

Sumber : Bagian Humas Setda Kab. Pekalongan

Publisher : arif.kominfo